DRR RI Dorong Pemerintah Lakukan Penguatan Keamanan Digital

oleh -di lihat 129 kali
DRR RI Dorong Pemerintah Lakukan Penguatan Keamanan Digital

RAKANEWS.COM, JAKARTA – DPR RI terus mendorong pemerintah untuk melakukan penguatan keamanan digital. Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengatakan penguatan ini bahkan telah di lakukan jauh sebelum nama Bjorka mencuat.

Dave menjelaskan ada beberapa langkah penting yang kini dilakukan DPR RI.

Pertama dengan Undang-Undang (UU) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan disahkannya UU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Kita sudah memiliki UU ITE, sekarang ada UU PDP yang juga sudah selesai. Berikutnya harus ada UU yang di butuhkan juga yaitu UU Keamanan Ketahanan Siber,” kata Dave dalam Gelora Talks bertajuk Bjorka dan Ancaman Kedaulatan Digital Kita yang di siarkan secara daring, Rabu (21/9/2022).

Dave menjelaskan, DPR RI memang telah menyiapka UU KKS. UU ini jelas Dave, untuk memperkuat UU PDP yang baru saja di sahkan.

Dengan ini memberikan otoritas yang jelas, karena kalau PDP itu hanya beri otoritas, akan tetapi siapa yang bisa mempatrolkan terus melakukan tindakan hukum kepada mereka yang melakukan pelanggaran di dunia siber? sekarang masih di handle oleh Bareskrim,” jelas Dave.

Tapi dengan adanya UU KKS khusus untuk mengejar dan menjaga kemanana pertahanan siber,” tambahnya.

Selain itu DPR RI juga mendorong pemerintah melalui berbagai macam forum untuk melakukan literasi digital.

Sebab Dave sendiri melihat pemahaman terkait pentingnya kemanan data pribadi oleh masyarakat Indonesia masih minim.

Semoga dengan situsi hari ini, seringnya kebocoran, pemerintah bisa lebih sigap memperkuat posisi dan perangkat hukumnya,” katanya.

(tribunnews/ikabari)

Tentang Penulis: Raka Putra Media

Gambar Gravatar
Raka Putra Media adalah seorang koresponden dan penulis di media online Raka News.

No More Posts Available.

No more pages to load.