Cair 40 Persen Dana Infrastruktur Samisade Desa Situdaun Launching Program Samisade

oleh -di lihat 457 kali

(RAKANEWS) TENJOLAYA – Pemerintahan Desa Situdaun Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor launching program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahap pertama. Lokasi di Kampung Dukuh Kosong  desa Situdaun, di peruntukan pembangunan Tembok Penahan Tanah ( TPT ) jalan poros desa mulai dari RT 10 sampai RT 14.

Volume 1212 x T. ( 0,5 ), ( 1), (1,2), (1,5), (3,5) x L,0,30 dengan pagu anggaran 40 persen senilai  Rp. 400.000.000,- (empat ratus juta rupiah).

Ini merupakan pembangunan infrastruktur desa, yang di luncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Semoga TPT yang di bangun ini dapat terasakan manfaatnya oleh warga Situdaun. Khususnya warga Kampung Dukuh,” ungkap Camat Tenjolaya Farid Ma’ruf saat mengawali Launching kepada, jabarmedia.com, Jumat (3/12/21).

Lebih lanjut, Camat Tenjolaya mengapresiasi pembangunan yang sedang berlangsung, karena berjalan dengan baik. Mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa dengan program PKTD.

Dia berharap memiliki dampak ekonomi lainnya bagi warga sekitar, baik bagi petani atau pedagang bisa lebih mudah mendistribusikan hasil tani atau barang dagangannya.

Tidak lupa ucapan terima kasih kepada Bupati Bogor Ade Yasin atas program SAMISADE ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Situdaun Ja’i S.Ip mengakui bahwa pelaksanaan program Samisade di desanya baru terealisasi awal bulan Agustus.

Makanya kami tancap gas dalam pembangunan ini. Selain waktunya mepet, kitapun mensiasati dengan memperkerjakan warga lebih dari 70 orang agar tuntas tepat waktu. Sehingga program Samisade tahap kedua bisa berlanjut,” ucap Kades.

Jika masih di rasa kurang kamipun siap menambah tenaga kerja, agar proges cepat selesai.

Kita harus menuntaskan SPJ-nya atau laporan tahap pertama, baru bisa pencairan Samisade tahap ke 2. Makanya ini kejar tayang dengan waktu yang sangat singkat. Pekerjaan pembangunan tuntas,” ungkap Ja’i.

Pekerjaan TPK Secara teknis dikerjakan oleh Abay TPK desa. Mekanisme dan protapnya, LPM selaku Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Di tempat yang sama TPK desa Situdaun Akbar, akrab disapa Abay, menjelaskan mengacu pada Perka LKPP Nomor 12 Tahun 2019.

Tugas TPK adalah melaksanakan Swakelola; menyusun dokumen Lelang; mengumumkan dan melaksanakan Lelang untuk Pengadaan melalui Penyedia; memilih dan menetapkan Penyedia; memeriksa dan melaporkan hasil Pengadaan kepada Kasi kesra dan mengumumkan hasil kegiatan dari Pengadaan.

Jika semua pekerjaan selesai dan kelar, baru kami serahkan ke desa dengan Musdeseta, musayawarah desa serah terima, kalau di proyek semacam PHO,” jelas Abay.

Ditempat yang sama Ibrohim ketua BPD desa Situdaun, “Saya sebagai Ketua BPD, mewakili warga masyarakat desa Situdaun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Kab. Bogor (Bupati Bogor Hj.Ade Munawaroh Yasin) beserta jajarannya dengan program Samisade. Hanya di Pemkab Bogor saja di Indonesia. Semoga kabupaten Bogor menjadi kabupaten termaju

Hadir dalam ceremony kegiatan tersebut Farid ma’ruf (camat Tenjolaya), Yenih (Kasie Ekbang)  Ja,i Sugandi S.Ip (kepala Desa), ketua BPD (Ibrohim). Serta Ahmad sadjili (pendamping Desa) Babinsa (serma Irawan) dan bhabinkamtibmas (Bintara Miswanto). Juga tokoh masyarakat desa Situdaun.

Aki Kasdi Botak

No More Posts Available.

No more pages to load.