Universitas Djuanda Bogor Gelar Seminar Nasional

oleh -di lihat 641 kali

rakanews.com  BOGOR – Universitas Djuanda ( UNIDA ) gelar giat seminar nasional ( ( SEMNAS 2021) dengan tema, “Tantangan dan Peluang Era Adaptasi Kebiasaan Baru melalui Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat“,Selasa 03/11/2021.

Seminar nasional yang dilakukan secara virtual, hadir sebagai pembicara diantaranyaDr. Ir. Dede Kardaya, M.Si. rektor Universitas Djuanda Bogor, Ade Munawaroh yasin, acara yang di buka oleh Dr. H. Martin Roestamy, SH.,MH ( chancellor unida ).

Ade Yasin menjelaskan, Kabupaten Bogor mayoritas wilayah perdesaan (416 desa), sebagian besar potensi dan kekayaan daerah berada di desa seperti UMKM, petani dan Bumdes.

Sehingga keberhasilan pembangunan akan dinilai baik jika desa telah berkembang dan mandiri. Beberapa prioritas pembangunan di desa antara lain, peningkatan SDM dan digitalisasi desa melalui sekolah pemerintahan desa dan desa presisi.

Selanjutnya, kata Ade, meningkatkan perekonomian melalui penguatan Bumdes dan festival wisata desa, percepatan pembangunan infrastruktur desa.

Ada juga program wifi gratis di 240 titik, bedah kampung, Rutilahu, program hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah kerjasama dengan Unida dan The Hud Institute, penuntasan 215 jembatan rawayan kerjasama dengan TNI.

“Kemudian ada program Stimulus Satu Milyar Satu Desa (Samisade). Di masa pandemi Ini, program Samisade dengan pola padat karya diharapkan dapat membawa dampak penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan sektor riil di akar rumput dan menciptakan multiplier effect yang mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian SDG’s desa,” ungkap Ade.

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.