Rakor BWI Kabupaten Bogor Soroti Wakaf Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat

oleh -di lihat 360 kali

rakanews.com MEGAMENDUNG – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Bogor menggelar rapat koordinasi (rakor) di Hotel Cahaya, Megamendung, Selasa 26/102021.

Acara di buka oleh wakil Bupati Bogor mengungkapkan pada sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Bogor.

Iwan Setiawan berharap wakaf bisa juga dipakai atau digunakan untuk perekonomian dalam rangka menyejahterakan umat.

Hadir pada rakor tersebut, Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, KH. A. Mukri Aji, Ketua Perwakilan BWI Kabupaten Bogor, Maman Sulaiman, Kabag Kesra Kabupaten Bogor, Abdul Aziz.

Iwan mengungkapkan, kurang lebih 90% penduduk Indonesia adalah muslim. Ini potensi yang luar biasa selain zakat, untuk meningkatkan perekonomian bisa dengan wakaf

Jadi wakaf selain untuk makam, masjid, dan mushola, bisa digunakan untuk kesejahteraan umat pemberdayaan ekonomi masyarakat dan lainnya.

“Wakaf ini bukan hanya untuk pembangunan masjid, tapi bisa untuk kesejahteraan umat. Jadi wakaf ini bisa menjadi tempat atau yang diwakafkan oleh seseorang untuk kegiatan seperti pertanian, perkebunan, atau kegiatan yang lainnya,” ungkap Iwan.

Sementara, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, KH. A. Mukri Aji menjelaskan, tanpa andil umat, syariat Islam di bidang wakaf ini tidak akan terealisasi.

“Semangat, jihad untuk mengaktualisasi wakaf dan mengupdate data harus terus dibangun. Dokumen-dokumen wakaf itu wajib hukumnya dikuasai oleh BWI,” tegasnya.

Dia menambahkan wakaf selain untuk masjid, mushola, dan makam, bisa juga untuk pondok pesantren dan yayasan.

MUI bersama Kepala Kantor Urusan Agama, kemudian Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan Pemkab Bogor siap mendukung,” tegasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.