Vaksinasi Desa Cibuntu Optimis Capai Herd Immunity

oleh -di lihat 135 kali
vaksinasi desa cibuntu

Rakanews.com. CIAMPEA – Pemerintah Desa cibuntu kecamatan Ciampea kabupaten Bogor kembali adakan vaksinasi yang bertempat di aula Desa Cibuntu, Selasa 28/09/2021.

Vaksinasi ini di hadiri kepala desa Cibuntu Ahmad Yani, Kapolsek Ciampea Kompol Beben.S serta para nakes dari puskesmas Ciampea.  Juga staf dan kader desa di bantu oleh 5 operator siswa dari SMK Pelita Ciampea.

Acara ini di lakukan pemerintah bertujuan agar masyarakat memiliki herd immunity. Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu. Sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus. Empat dari lima orang yang bertemu dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat di kendalikan.

Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

“Vaksinasi tahap satu sudah empat kali di laksanakan, ini kelima kalinya. Setiap vaksinasi rata-rata mencapai 500 orang kalau di kalkulasikan jumlah sementara sebanyak 2500 orang. Di tambah empat agenda vaksinasi ke depan dengan target yang sama.” Tegas Ahmada yani.

Alhamdulillah, saat ini kecamatan Ciampea menduduki peringkat ke enam terbaik capaian vaksinasi se kabupaten Bogor. Sampai hari ini capaiannya hampir mendekati 70% tepatnya 69,6% dari jumlah penduduk wajib vaksin. Hal ini sangat baik.” Ujar dr Budi tim medis yang melakukan vaksinasi di kecamatan Ciampea.

Masih di tempat yang sama Kapolsek Ciampea Kompol Beben.S menghimbau agar masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Jangan abai dengan PROKES, agar kita bisa terlepas dari pandemi COVID 19 menuju endemi,” tegasnya.

(Poernama – bobaronline.com)