Musrembang Desa Ciherang Adopsi Kepentingan Warga

oleh -di lihat 85 kali
musrenbangdes desa ciherang

Dramaga – Musrenbang Desa Ciherang Kecamatan Dramaga dilaksanakan di Kantor Desa Ciherang. Merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2022, Rabu (22/092021).

Menurut Kades Ciherang Suherwin SH, Musrembangdes mengacu pada RPJM desa yang diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu; RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

“Musrenbang Desa adalah kelanjutan dari kegiatan Musawarah tingkat Dusun ( Musdus) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh; Kepala Dusun, Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa. di dusun masing-masing,” kata Erwin.

Kebutuhan masyarakat RW V Dan RW VI saat ini ialah membangun TPT Jembatan Kali Ciapus sepanjang 150 meter dengan keringgian 4,5 meter. Dikarenakan warga sekitar jembatan kali ciapus ini sering terkana rembesan air kali,” Papar Kepala Desa saat Musrenbangdes dikutip Rakanews.com.

Erwin sapaan kades ini memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang 2021 yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes).

Ada beberapa point penting dalam Musrenbang Desa Ciherang ini adalah Pembukaan acara musrenbang desa oleh Pembawa Acara. Sambutan dari Kepala Desa, Arahan dari kecamatan, Penyampaian program kegiatan untuk tahun 2022, Diskusi dan acara penutup.

musrenbangdes desa ciherang 1

Dengan diadakannya Acara Musrenbang Desa Ciherang ini diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa. Dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

Pelaksanaan Musrenbang Desa Ciherang Tahun 2021 ini dihadiri oleh berbagai elemen dan unsur masyarakat Utusan Kecamatan, Bhabinkamtibas, Babinsa. Juga TPK, BPD,LPM, IPM, puskesmas, karang taruna, BUMDes,PKK, Kadus RW dan RT.

Laporan Khusus : Aki Kasdi Botak – Jabarmedia