KEMENDES PDTT Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP

oleh -80 views

Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PK)

Rakanews.com.Rakanew – Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Taufik Madjid membuka Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) tahun 2021 di Operational Room Kantor Kalibata, Jumat (3/9/2021).

.

Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini berjumlah 28 orang. Pelatihan PKP tahun ini dilakukan secara distance learning.

Selanjutnya dalam rangka mendukung terwujudnya World Class Bureaucracy (birokrasi yang berkelas dunia) pada setiap instansi pemerintah diperlukan sosok pejabat pengawas yang memainkan peran awal bagi keberlangsungan unit organisasi, yaitu dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana dalam memberikan pelayanan publik.

 

“Pelayanan publik yang dikelola dan dikendalikan dengan baik, merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas kinerja pelayanan,” kata Taufik.

.

Sosok pejabat pengawas yang dapat memainkan peran tersebut telah penuhi kriteria pemimpin yang melayani, hingga cepat atau lambatnya peningkatan kinerja organisasi akan ditentukan oleh langkah-langkah pengendalian yang dilakukan oleh pejabat pengawas.

 

Sebagai pejabat struktural, pejabat pengawas harus memiliki kompetensi manajerial yang dibutuhkan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, baik pusat maupun daerah, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Setiap pegawai negeri sipil mempunyai hak untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 20 jam pelajaran (JP) setiap tahun sebagaimana diatur Pasal 203 PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara,” kata Taufik.

Diharapkan nantinya setiap pimpinan lembaga penyelenggara pelatihan bertanggung jawab dalam menetapkan kebutuhan teknis penyelenggaraan pelatihan struktural kepemimpinan yang diselenggarakan dengan methode klasikal/ distance learning/blended learning dengan mengutamakan pemenuhan aspek keamanan, keselamatan seluruh peserta pelatihan, tenaga pelatih dan penyelenggara pelatihan, serta tetap dalam rangka mencapai kualitas pembelajaran ( Poer)