Fokus Pemulihan Ekonomi DPRD dan Pemkab Bogor Sepakati KUA – PPAS Tahun Anggaran 2022

oleh -125 views

rakanews.com – DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Bogor akhirnya menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2022.

Nota kesepakatan yang akan menjadi dasar penyusunan RAPBD 2022 tersebut ditandatangani dalam rapat paripurna, Selasa (31/8) pukul 23.25 atau 35 menit menjelang ditutupnya masa sidang III Tahun 2020/2021.

Mengingat waktu mendekati pukul 00.00 WIB, hari ini masuk 31 Agustus 2021. Maka perkenankan kami menanda tangani nota kesepakatan KUA-PPAS,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto saat memimpin rapat di Gedung DPRD, Cibinong, Bogor, Selasa malam.

Rudy mengapresiasi kerja semua anggota dewan dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang bekerja hingga menit terakhir batas waktu penandatanganan Nota kesepakatan tersebut.

Ini menunjukan keseriusan pemerintah dan juga DPRD untuk mengoptimalkan APBD Tahun 2022 yang akan datang,” ujar Rudy usai Rapat Paripurna.

Pandemi Covid-19, kata dia, memang cukup memengaruhi kondisi perekonomian nasional dan daerah. Hal tersebut tentu berdampak pada realisasi pendapatan daerah yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi serta pendapatan lain-lain yang sah.

Karena itu, pembahasan KUA-PPAS antara DPRD dan Pemerintah Daerah berlangsung cukup alot. “Prinsipnya kita semua menginginkan agar pengelolaan APBD kita efisien, efektif dan berdampak pada pemulihan ekonomi,” katanya.

Anggota, kata Rudy juga menginginkan adanya peningkatan layanan kesehatan dan juga memastikan dana insentif untuk tenaga kesehatan teranggarkan di APBD 2022.

Alhamdulillah hari ini Nota Kesepakatan KUA-PPAS Tahun Anggaraan 2022 sudah kita tandatangani. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota, dan juga kepada TAPD yang bekerja hingga larut malam untuk membahas KUA-PPAS Tahun Anggaran 2022 ini,” tandasnya.

(Poernama)