Dinas Pertanian dan Kementrian Pertanian Indramayu Adakan MONEV SIMURP

oleh -66 views

INDRAMAYU – Dinas tanaman pangan dan hortikultura Jawa Barat adakan giat Monitoring dan Evaluasi SIMURP. Dihadiri oleh Tim MONEV SIMURP dari Kementerian Pertanian, Kepala Bidang Penyuluhan,  Ajat Sudrajat, S.P, M.Si. Juga Kepala Dinas Pertanian Kab. Indramayu juga dihadiri oleh petani di bawah binaan BPP Haur Geulis.

Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menjalankan kegiatan pertanian cerdas iklim. Atau Climate Smart Agriculture (CSA) proyek Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP).

Sesuai rekomendasi Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Penerapan CSA khususnya pada komoditi padi dan komoditas lainnya yang bernilai ekonomi tinggi dilakukan melalui paket teknologi.

Meliputi penentuan waktu tanam dengan penggunaan kalender tanam, penggunaan bahan organik untuk membuat pupuk organik, penggunaan perangkat uji tanah sawah. Tujuannya untuk menentukan dosis pupuk dasar (pupuk P, N, dan K), penggunaan bibit unggul, rendah emisi dan bermutu.

Juga melalui penggunaan bibit usia muda tanam jajar legowo dengan 2-3 bibit/lubang pada kondisi macak-macak. Penerapan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) terpadu untuk preventif, kegiatan pengukuran emisi Gas Rumah Kaca (GRK), teknologi irigasi intermittent dan Alternate Wet and Drying (AW).

Menurut Ajat Sudrajat Kepala Bidang Penyuluhan pertanian wilayah “Agar selain mengaplikasikan rekomendasi penerapan CSA juga agar mereka tetap tertib administrasi. Juga mengharapkan keseriusan dalam menyelesaikan apapun kewajiban mereka sebagai Petani untuk program SIMURP ini.

Ajat Sudrajat pun meminta Penyuluh dan POPT Karangtengah agar senantiasa mengawal proyek SIMURP disana.

“Harapannya agar lahan padi disini dapat menjadi percontohan CSA proyek SIMURP di Indramayu, dengan budidaya yang ramah lingkungan dan produksi beras sehat, untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin,” pungkasnya.

(Poer)