Bupati Bogor Paparkan 17 Tujuan SDG’s di Kegiatan Kunker BKSAP DPR R

oleh -148 views

rakanews.com – Bupati Bogor Ade Yasin paparkan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) Kabupaten Bogor, melalui kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI (BKSAP) Day di Ruang Serba Guna 1 Setda Kabupaten Bogor, Jumat (3/8).

Pada kesempatan itu Ade Yasin menerangkan, berdasarkan kesepakatan internasional terkait pencapaian. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan hingga tahun 2030 dan diperkuat oleh; PERPRES RI Nomor 59 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan 17 SDG’s tertuang dalam Perda Nomor 4/2019 tentang RPJMD dan perubahan RPJMD 2018-2023.

Pada dasarnya berbagai indikator capaian kinerja pemerintah daerah yang menjadi urusan wajib pelayanan dasar. Wajib non pelayanan dasar maupun pilihan tentunya beririsan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

Pertama tanpa kemiskinan tertuang dalam misi mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan. Salah satu sasarannya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat yang diukur salah satunya dengan tingkat kemiskinan. Program Pancakarsa yang mendukung nya yaitu Pendirian Graha Pancakarsa. One stop center pelayanan masyarakat kurang mampu hanya dalam satu gedung pelayanan.

Kedua zero kelaparan tertuang dalam misi mewujudkan masyarakat yang berkualitas yakni masyarakat yang cerdas dan sehat. Sasarannya yakni meningkatnya ketahanan pangan daerah yang diukur dari skor pola pangan harapan.

Kebijakan Pemkab Bogor yang diambil adalah untuk menekan dan menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik. Serta meningkatkan pertanian berkelanjutan juga termasuk dalam program Bogor Sehat Dan Bogor Maju. “Adapun program tersebut antara lain: Bogor Anti Stunting, program pekarangan lestari untuk kemandirian dan ketahanan pangan,” tandasnya

Lanjut Ade Yasin mengungkapkan pada Kunker BKSAP DPR RI, “tujuan pembangunan berkelanjutan ketiga adalah kehidupan sehat dan sejahtera, tertuang dalam misi mewujudkan masyarakat yang berkualitas.”

Berita ini sudah tampil di jabarmedia.com

( Poer)