BUMDes

BUMDES Citra Gunung Malang Kembangkan Teh Kumis Kucing “Cat’s Whiskers Tea”

oleh -112 views
teh kumis kucing

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan tumbuhan herbal yang banyak dimanfaatkan sebagai ramuan obat untuk berbagai penyakit. Tanaman yang satu ini termasuk dalam family Labiatae atau Lamiaceae dan mudah ditemukan di Indonesia. BUMDes Citra Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor mengembangkan inovasi. “

Tanaman kumis kucing menjadi olahan herbal minuman teh Kesehatan.” terang Martin mengawali wawancara dengan rakanews.com.

Berawal dari program pemberdayaan masyarakat melalui dukungan PT.SMF (Sarana Multi Finance) Persero Tbk. Juga Yayasan Inspirasi Anak Bangsa dengan membuat central penanaman obat keluarga. Salah satunya tanaman Kumis Kucing yang berlokasi Di wilayah desa gunung malang kecamatan Tenjolaya.

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) ternyata merupakan tumbuhan herbal yang banyak dimanfaatkan sebagai ramuan obat untuk berbagai penyakit. BUMBes citra mencoba mengolah tanaman ini menjadi teh minuman kesehatan.

Pemasaran melalui Marketplace, peminat herbal ini banyak peminatnya. “Ini merupakan Signal untuk kedepannya dapat memberdayakan kader-kader posyandu atau PKK.

Tujuannya untuk menggalakkan menanam toga disekitar rumah karena sudah memiliki nilai jual dipasaran.” ujar Martin Direktur BUMDes

Sementara itu PT Sarana Multi Finance merespon positif bentuk program SMF Grend yang dijalankan BUMDes Citra Desa Gunung Malang membuahkan hasil yang baik.

Kami akan mendukung untuk perizinan legal produk seperti BPOM dan Label Halal Bahkan peralatan untuk menunjang produksi yang memenuhi mutu pasar. ” ungkap Kang Apih PT. SMF

Disisi lain Yayasan insiprasi anak bangsa sebagai supervisi pun sangat senang dengan pencapaian yang dilakukan oleh tim BUMDes Citra Desa Gunung Malang.

Kami mendampingi kurang lebih 6 bulan untuk mengarahkan seperti sekarang. YIAB pun akan terus mendorong supaya berhasil dalam program pemberdayaan dalam bentuk SMF Grend,” pungkas Ari YIAB.

Berita ini sudah tampil di jabarmedia.com

(Kasdi Warso)