Masih Ada 4 Desa Tertinggal di Wilayah Kabupaten Bogor

oleh -4 views

Sedikitnya ada 4 desa di Kabupaten Bogor yang masih tergolong dalam Desa Tertinggal berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa) Republik Indonesia.

Meski demikian, Bupati Bogor, Ade Yasin bersyukur akan hal tersebut. Lantaran desa tertinggal di Kabupaten Bogor telah berkurang bila dibandingkan dengan data Indeks Desa Membangun (IDM) pada tahun lalu.

“Alhamdulillah tahun 2019 desa tertinggal ada 45. Tahun 2020 ini desa tertinggal ada 4. Semoga bisa tuntas tahun ini menjadi 0 desa tertinggal,” kata Ade dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/9/20).

Selain itu, desa maju juga bertambah dari golongan desa berkembang pada tahun ini. Tercatat terdapat 93 Desa Maju pada tahun lalu, meranjak naik menjadi 131 desa di tahun ini. Demikian, terdapat 29 Desa Mandiri dari sebelumnya 12 Desa.

Ade menuturkan ada 3 indikator utama dari tren tersebut, yakni ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan lingkungan. Tiga indikator utama ini dijabarkan ke dalam 54 indikator yang di dalamnya ada 719 kuesioner yang harus diselesaikan.

“Dari tiga indikator utama itu, perlu penanganan atau keterlibatan dinas-dinas terkait. Seperti Disdik, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, BPMD dan lain-lain. Sehingga harus dikeroyok dengan program dinas yang menyentuh langsung,” bebernya.

(Haibogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *